Telp (+62) 8787 201 9001

 

               Validasi metode merupakan salah satu persyaratan yang terdapat dalam standar ISO 17025:2017. Meskipun metode pengujian atau kalibrasi yang digunakan menggunakan metode standar, laboratorium tetap diminta untuk melakukan verifikasi, apalagi jika metode yang digunakan merupakan metode yang sudah dilakukan modifikasi atau pengembangan maka metode pengujian atau kalibrasi tersebut harus divalidasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

 Verifikasi dan Validasi memiliki definisi yang sama yaitu memberikan bukti objektif bahwasanya metode yang digunakan telah memenuhi persyaratan. Adapun perbedaannya dimana validasi penyediaan bukti objektif tersebut juga dimaksudkan untuk memenuhi tujuan tertentu atau dengan kata lain ada perubahan ruang lingkup dari metode standar.

Dari definisi tersebut maka jika kita melakukan validasi metode maka juga akan mencakup verifikasi. Beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menyediakan bukti objektif dalam rangka validasi adalah : 

  1. Kecermatan (accuracy)
  2. Keberulangan (Precisi atau repeatability)
  3. Selektifitas
  4. Linieritas
  5. Batas Deteksi (LOD atau LOQ)
  6. Ketangguhan Metode (Rugedness)
  7. Kekuatan (Robustnest) 

 

Setelah peserta memahmi kosep validasi metode, maka peserta juga akan diberikan materi untuk menghitung ketidakpastian dan melakukan uji banding sehingga dapat memenuhi persyaratan ISO/IEC 17025 secara maksimum.

Peserta akan diberikan pemahaman terkait konsep dasar validasi metode, ketidakpastian dan Uji banding dan diberikan contoh – contoh perhitungan dalam bentuk excell sehingga memudahkan dalam implementasinya dilaboratorium.

Pada pelatihan ini peserta akan mendapatkan :

  1. Sertifikat training
  2. Materi Pelatihan dalam bentuk Softcopy dan Hardcopy
  3. Softcopy perhitungan validasi metode
  4. Bimbingan gratis melalui WA selama 1 bulan setelah pelatihan

 

 

 

Komentar Terbaru

Klien